Penjualan Smartphone Tahun Ini Diprediksi Turun 2,5 Persen Dibandingkan 2018

Penjualan Smartphone Tahun Ini Diprediksi Turun 2,5 Persen Dibandingkan 2018

Perusahaan riset pasar Gartner Research merilis laporan mengenai tren penjualan smartphone global. Berdasarkan information tersebut, penjualan smartphone pada th. ini diprediksi turun 2,5 prosen dibandingkan 2018.

Penjualan Smartphone Tahun Ini Diprediksi Turun 2,5 Persen Dibandingkan 2018

Dilansir dari GSM Arena via Liputan6.com, Sabtu (3/8), Gartner memperkirakan penjualan smartphone akan turun dari 1,55 miliar pada 2018 menjadi 1,51 miliar pada akhir th. ini. Penurunan penjualan ini berjalan di sebagian besar wilayah, termasuk Eropa Timur, Asia Pasifik, Amerika Utara, dan Jepang.

Penjualan smartphone di wilayah Eropa Timur, misalnya, diprediksi turun dari 47 juta unit menjadi 45 juta. Penjualan smartphone di Jepang pun diperkirakan mengalami penurunan cukup besar dari 33,9 juta menjadi 31,7 juta.

“Di pasar yang mature, khususnya pasar smartphone high-end, mengalami kelebihan suplai dan komiditas, dengan harga jual umumnya lebih tinggi. Selain itu, tidak ada utilitas atas pengalaman baru bagi pengguna supaya jalankan upgrade,” ungkap Gartner didalam laporannya.

Penjualan smartphone akan lagi bangkit pada 2020. Gartner memperkirakan penjualan smartphone world akan tumbuh menjadi 1.560.853 pada th. depan. Pertumbuhan ini akan didorong oleh ketersediaan jaringan dan ponsel 5G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *