Google Beri Bantuan USD10 Juta Untuk UKM Indonesia

Google Beri Bantuan USD10 Juta Untuk UKM Indonesia

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menjadi mantra baru bagi pelaku industri yang ingin saat membidik pasar Indonesia. Bukan kembali AI atau IoT supaya terlihat keren dan peduli, tetapi “komitmen” untuk memajukan UKM. Bukan cuma startup atau pelaku industri lokal, bahkan raksasa teknologi sekelas Google pun menempatkan UMKM sebagai judul besar pada ajang tahunan “Google for Indonesia” th. ini.

Di ajang yang masuk th. kelima tersebut, Google mengumumkan prinsip senilai US$11 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional semenjak pandemi. Namun yang kudu diperhatikan adalah bahwa berasal dari angka tersebut, cuma USD1 juta yang terlampau bersifat hibah.

Bantuan lebih kurang Rp14,2 miliar tersebut diberikan lewat yayasan Google.org kepada Plan International untuk melawan pengangguran anak muda di Indonesia. Angka ini sedikit lebih besar dibanding pemberian yang diberikan Facebook kepada UMKM Jabodetabek sebesar Rp12,5 miliar. Meski mungkin tidak seberapa dibanding apa yang telah mereka peroleh berasal dari pemasukan iklan dan lainnya berasal dari pengguna di Indonesia.

Selanjutnya, Plan International bekerja mirip dengan The Asean Foundation. Dua instansi asing tersebut lakukan program percobaan yang memberi tambahan pelatihan keterampilan dan pemberian mencari pekerjaan. Membantu menambah kekuatan kerja di pada anak muda yang rentan. Program dua th. ini punya tujuan untuk menjangkau 5.200 anak muda, yang hampir separuhnya adalah perempuan.
Pinjaman modal UMKM USD10 Juta

Dana yang disiapkan sebesar USD10 juta tidak dijadikan sebagai hibah, melainkan diinvestasikan Google sebagai utang modal. Untuk penyaluran dana senilai Rp142 miliar tersebut, Google bermitra dengan Kiva, organisasi non profit asal San Francisco yang telah memiliki reputasi di dalam menghimpun pendanaan dan memberi tambahan utang kepada masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *